Jumat, 04 September 2009

Nyaris Jadi Korban Penipuan

This story dedicate to my friend Cia (semoga engkau terhibur, hahahaha)

Yay, this is the latest story about my stupidity. I thankful my Lord to open my eyes….

*******
Pagi itu telpon rumah berdering ketika gw sedang menyuapi Mr. Z di teras. Setengah berlari kedalam rumah, telpon itu lalu gw angkat. Dari seberang sana, terdengarlah suara seorang laki-laki yang sangat berwibawa yang ngaku-ngaku bernama WAWAN SETIAWAN.
Si wawan : Halo selamat pagi, benar ini rumah Ny. Rakima?
Ant : iyah bener, sapa yah? *inosen*
Si Wawan;Ini dari PT. TELKOM. Ibu Rakimanya ada?
Ant : emmm,,,maap, ibu Rakimanya udah almarhum….
Si Wawan : ohh….kalo boleh tau ini sapanya yah?
Ant : Ini cucunya….
Si Wawan: Oh cucunya….maaf, namanya siapa?
Ant : emm…Anshari.
Si Wawan: Oh dek Anshari kemaren gak nonton TV?
Ant : Enggak tuh emangnya kenapa?*masih inosen mode*
Si Wawan : Jadi dek Anshari, kemaren malem itu ada pengundian pelanggan telpon rumah terbaik se Indonesia. Setelah diadakan pengacakan, ternyata nomor telepon andalah yang terpilih sebagai sepuluh besar.

Gw surpraise, gw siyok, gw seneng….*gak nyadar lagi ditipu*

Tau gak, gw dengan dodolnya percaya aja kata-kata tu orang secara gw udah sering ditelponin Telkom (konfirmasi tagihan telpon yang telat dibayar XD). Setelah itu, gw disuruh konfirmasi ke TELKOM pusat atas nama Drs. H. Muhammad Yasin dengan nomor telpon ………….”

Karna gw pengecut kelas berat, gw suruhlah sepupu gw buat nelpon ke nomor ituh….Tapi, setelah tersambung dengan si Bapak Haji ntu, gw lah yang akhirnya ngomong….

And the Baka no conversation is begin….

Gw : dengan bapak Muh. Yasin?
Pak Haji : Iyah dengan saya, siapa yah?
Gw : Maaf Pak, tadi saya ditelpon sama pak Wawan Setiawan, katanya saya disuruh konfirmasi ke Bapak. Saya pelanggan Telkom dengan nomor…blablablablabla
Pak Haji : Oh….iyah, baru konfirmasi sekarang yah? Gak papa…..ini yang lagi ngomong namanya siapa yah?
Gw : Saya Anshari pak…..jadi bagaimana ini pak?
Pak Haji : *ketawa riang* memangnya nak Anshari mimpi apa kemaren??? Mimpi ketiban durian runtuh???
Gw : Gak kok pak, gak sama sekali….*masih siyok tapi juga lemes*
Pak Haji : Jadi nak Anshari,,,,setelah diadakan kemaren pengundian, ternyata nomor……blablabla….juara dua…..blablabla……dengan cendramata kijang innova………
Gw : Wew?????????????????????????????

Nah, sampai disana gw masih sangat percaya dengan perkataan bapak Haji Jadian-jadian ini. Percakapan selanjutnya pun masih, bahkan sampai dia bilang kalo ada hadaih tambahan 15 juta dari Telkomsel pun gw percaya (how stupid??????).

Untungnya sepupu gw ngasih tau ke keluarga laen yang lagi nongkrong di sebelah….Mereka ada yang percaya, ada juga yang ragu….Tapi rata-rata mereka percaya!!!!

Nah, gw merasa beruntung punya kakak yang pinter seperti Uni gw…..Dia telpon balik ke nomor itu, dan jelas-jelas itu adalah telpon penipuan!!!!! Sebelumnya uni emang udah nelpon ke Telkom Padang, dan di wanti-wanti kalau pengundian itu belum diadain. Hhhhhh……….

Setelah kejadian itu, gw me-rewind lagi percakapan dengan para penipu itu….SEMUDAH ITUKAH GW PERCAYA??? Bukankah gw diajarin berpikir kritis di PSIKODIAGNOSTIK????

Tapitaptapi, semua yang diomongin penipu itu sangat wajar dan masuk akal. Makanya gw dengan mudah masuk ke perangkap mereka. Apalagi gw gak pernah punya pengalaman kek gini sebelumnya….

But, gw sangat bersyukur semuanya baek-baek ajah……Dipikir-pikir lagi, telpon rumah gw kan sering banget nunggak bayarnya…gak mungkin menang yang ginian, hehehe

Okay, berikut sedikit tips dari gw yang nyaris ditipu ini:
- Kritislah dengan setiap pernyataan dari orang yang menelpon dan mengabarkan hal yang sama dengan kejadia diatas
- Beritahukan kepada siapa saja untuk meminta saran, dan agar tidak cepat mengambil keputusan

Hhhhh…..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar