Selasa, 22 Juni 2010

Anshari novel pick~ Totto chan`s Children


Aku adalah penggemar berat buku Totto Chan-Gadis Cilik Di Jendela karya Tetsuko Kuroyanagi. Buku yang menurutku wajib dimiliki setiap orang didunia. Makanya hari Minggu yang lalu aku merasa sedikit surprise waktu Harada chan memberitahu tentang buku “ Totto chan yang sudah besar”. Tanpa pikir panjang aku menyuruh Harada chan menuntunku ketempat display buku itu. Walaupun uang terbatas, aku tetap membelinya.

Di Tranex, sebelum bus itu membawaku ke Bukittinggi, aku membuka plastik buku bersampul putih itu. Hal pertama yang kulihat adalah foto Tetsuko Kuroyanagi (Totto Chan) bersama anak-anak kulit hitam. (Ternyata dia cantik sekali..).Selanjutnya dicantumkan sebuah peta dunia disertai lokasi kunjungan Tetsuko sebagai duta kemanuasiaan UNICEF ke negara-negara didunia beserta tahun-tahun kunjungannya. Diawali dengan perjalanan pertamanya ke Tanzania di tahun 1984, dilanjutkan Nigeria (1985), India (1986), Mozambik (1987), Kamboja dan Vietnam (1988), Angola (1989), Bangladesh (1990), Irak (19910, Etiopia (1992), Sudan (1993), Rwanda (1994), Haiti (1995), dan terakhir Bosnia- Herzegovina di tahun 1996.

Jika ada sebuah buku yang membuatku merinding bahkan hanya disaat membaca prolog, maka inilah bukunya. Walaupun buku ini diterbitkan tahun 1997 dan baru diterjemahkan ke bahasa Indonesia tahun 2010, tapi cerita pengalaman sang duta UNICEF tetap membuat hati serasa dikoyak-koyak. Karena walaubagaimanapun, di masa modern ini, masalah kemiskinan dan peperangan bukannya berkurang malah makin merajalela.

Aku tidak akan menceritakan isi Totto chan`s Children, karena seperti Totto chan- gadis kecil di jendela, buku ini wajib dimiliki siapa saja. Buku ini adalah buku tentang kemanusiaan. Buku yang seharusnya bisa membuat semua orang sadar bahwa peperangan tidak pernah membawa dampak positif. Bahwa dibelahan dunia banyak manusia yang berjuang dalam penderitaan yang mendalam. Dan bahwa kita harusnya lebih banyak bersyukur…..

nb: tulisan ini seharusnya diposting bulan maret lalu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar