Selasa, 07 Juli 2009

KEMAH CERDAS CERIA II BERSAMA PKPU (3-5 JULI 2009) Part 1

Jumat 3 Juli 2009

Hari itu gw dan Rani berangkat dari Padang sekitar jam 15.00. Kita emang gak berangkat bersama rombongan karena gw emang gak confirm dulu, rasanya lebih mudah pergi sendiri. Sampai di lokasi, INS Kayu Tanam, sekitar pukul 16.00. Karena gak berani masuk duluan, kita bela-belain nungguin rombongan dari Bukitinggi. Setengah jam kemudian teman-teman Psikologi, panitia dari PKPU, dan adek-adek peserta KCC nyampe.

Setelah selesai ngurusin barang-barang, dimulailah acara pembukaan. Lalu dilakukan pembagian kelompok beserta pembagian kakak asuhnya. Kita semua sedikit kaget, karena masing-masing kelompok cuman ada satu kakak asuh. Kita musti ngurusin sekitar 10 adek asuh. Kebayang gak tuh gimana bingungnya? Mana gw dan Rani gak ikut rapat persiapan….Alhasil, waktu perkenalan gw jadi garing-garing gak jelas gituh bareng adek-adek asuh gw…Oya, adek asuh gw 9 orang. Mereka adalah Bovi dan adeknya Suci, Mega, Rizka yang pendiem banget, Merin dan Meylin yang berasal dari satu sekolah, si imut Fuja, dan terakhir Fadilla yang sangat bersemangat dan antusias.

Selesai shalat maghrib dan makan malam, mereka dikumpulkan di Masjid untuk mengikuti materi pertama. Sedangkan kakak-kakak asuhnya di berikan sedikit pengarahan di tenda barak laki-laki. Kita diberi penjelasan tentang konsep acara dan hal-hal yang dianggap penting. Yang pasti, kita diyakinkan untuk bisa menjadi motivator dan fasilitator bagi peserta KCC tersebut. Merasa tertantang? Tentu saja..Apalagi kita diberikan games pembangkit semangat oleh panitia acara.

Setelah adek-adek tersebut selesai diberikan materi, mereka bersiap-siap untuk tidur. Akhirnya, pukul 22.30 mereka semua tidur. Lalu semua panitia dan kakak asuh rapat evaluasi di Masjid. Jaampun, rapatnya membosankan sekali….Mana kita semua capek,,,ngantuk pulak….Tapi dipaksain juga. malam itu, rasanya kita sebagai kakak asuh sedikit merasa ditekan. Makanya, pikiran untuk kabur sempat terlintas di benak kita (untung gak jadi ^ ^).

Sabtu 4 Juli 2009

Hari itu kita bangun jam 4 subuh. Wuuuiiiihhh….dingin sekali pemirsa, kaki gw ampe gemetaran! Agenda pagi itu adalah shalat malam, shalat subuh, dan kultum. Gw ngantuk berat,…..

Sekitar jam 6 lewat, kita berkumpul dilapangan buat senam pagi. Seru! Walopun gerakannya geje, tapi melihat ekspresi bahagia adek-adek itu sepertinya mereka sangat menikmati. Selesai senam, kita makan pagi. Tau tidak, makan pagi di camp ini musti bayar loh. Keren gak tuh? Pake mata uang sendiri. Namanya BEA. Untuk modal awal kita dikasih modal 50 BEA masing-masing adek asuh. Kelompok gw dikasih modal 450 BEA. Uang inilah yang nantinya harus dikelola masing-masing kelompok. Kelompok yang paling kaya adalah kelompok terbaik.

Setelah makan, mereka kembali dikumpulkan di Masjid untuk diberikan materi kedua. Dan lagi-lagi kakak asuhnya diberikan pengarahan. Nah, pada saat ini, gw telat sodara-sodara! Alhasil gw musti didenda 100 BEA….Hhhhh….gw merasa bersalah sudah menyia-nyiakan uang umat….Tapi waktu gw minta maaf dan berjanji akan melakukan apa aja yang adek-adek itu minta, mereka malah dengan mudahnya bilang “ Gak usah kak,,,gak papa kok….” Gw terharu sekali….

Untungnya setelah itu kita diberi royalty sebesar 500 BEA karena mereka sudah menjadi anak baik pada saat penyampaian materi. Dan gw gak bingung lagi nyari duit buat ikutan GAMES….
Next schedule is OUTBOND!!! Acara yang pastinya sudah ditunggu-tunggu. Game pertama yang kita ikuti adalah ELEKTRIK FOOT seharga 100 BEA. Mungkin karna nervous dan masih sedikit takut, bukannya dapet untung alias bonus, kita malah didenda 200 BEA di game pertama ini. Sebel sih, tapi gw tetep harus ngasih semangat buat mereka.

Di game kedua, Busur Panah, juga belum keliatan progressnya. Kita cuman dapet bonus 20 BEA disini. Lagi-lagi mengecewakan, tapi mereka gw yakinkan bahwa ini baru permulaan. Evaluasi terus tentunya,…

Game selanjutnya adalah Flyng Fox. Bikin ngiri deh, kakak asuhnya kan juga pengen….hiks. Di arena ini kita musti nunggu 2 tim lain, dan bapak-bapak kameramen yang ngebet ikutan juga..Alhasil, waktu kita banyak terbuang di game ini.

Sehabis istirahat, outbond dilanjutkan,.

Judulnya Paralon Bocor. Tau donk, paralon yang dilubangin terus diisi air buat ngeluarin isi didalamnya. Awalnya adek-adek asuh gw itu panik. Makanya airnya gak nyampe atas, yang dibawah bocor sih…..Tapi setelah diatur strategi, akhirnya berhasil juga……Alhamdulillah kita dapat bonus 2000 BEA untuk game ini. Senang sekali rasanya melihat wajah mereka….. Yang pastinya mereka jadi sangat optimis menghadapi games selanjutnya.

Next, kita lanjut ke permainan yang judulnya Jembatan Hati. Adek-adek itu harus membuat jembatan dari tangan mereka dan teman yang lain berjalan diatasnya. Games ini juga dapat diselesaikan dengan sempurna. Ternyata mereka sudah bisa bekerjasama dengan baik…..

Di games ELEKTRIK NET kita gagal dapet nilai utuh. Tapi gak papa, dari total bonus 1500 BEA kita dapet 1200 BEA. Lumayan kan……Yay, tinggal satu langkah lagi…..

Games yang terakhir harus ngantri….Supaya efisien, waktu luang ini gw manfaatin buat beresin pembukuan keuangan bareng adek-adek asuh. Jaampun, gw musti bolak-balek ke bank buat ngurusinnya….. Cuma gara-gara kekurangan duit 100 BEA. Bingung gw kemana perginya duit ituh.

Permainan terakhir berjudul Jaring net. Kita bisa menyelesaikan dalam waktu singkat dan mendapatkan bonus sempurna. Wow, bukankah proses belajar mereka berhasil???? Gw bangga dengan mereka..

Semua game udah selese….Dan gw sangat lelah. Mag gw kambuh karena waktu makan siang cuman makan dikit (gak bisa diisi banyak soalnya). Gw mendadak stress. Apalagi masalah keuangan belum juga selese….Mana gw gak bisa ikut game buat dapetin slayer pulak! Argghhh, ini penyakit wajib gw kalo kemping! Selalu begini…..Rasanya pengen nangis aja. Awalnya emang gw tahan aja. Tapi waktu ngeliat Free gendong Abel yang cacat (walapun cacat dia bersemangat sekali), tangis gw pecah juga…. Sedih sekali rasanya…..

Akhirnya gw paksain juga beresin ulang pembukuan…Sedikit lega waktu tau masalahnya dimana. Selese bersih-bersih, kita sholat, makan malam, dan adek-adek diberikan materi ketiga.

Saking capeknya, gw ama Rani tepar ditenda dan gak ikutan muhasabah…..

BERSAMBUNG


Tidak ada komentar:

Posting Komentar